Indonesia Negara 8 Besar di Dunia Penghasil Emas

RRINEWSS.COM-  – Pemangkasan suku bunga acuan Federal Reserve AS sebesar 50 basis membuat lonjakan harga emas. Kini harga emas di dunia menembus angka USD 2.600.

Negara yang memiliki mineral berupa emas diuntungkan dengan kondisi ini. Lantas mana saja negara di dunia ini yang masuk menjadi negara dengan produksi emas di dunia.

Dikutip detikInet dari Investing News Network, ada beberapa negara mana yang menambang logam mulia terbanyak pada tahun 2023 menggunakan angka produksi terbaru dari US Geological Survey.

Organisasi tersebut mencatat bahwa produksi emas global mencapai 3.000 metrik ton (MT) tahun lalu, turun 60 MT dari tahun 2022. Dilansir dari situs Nasdaq, berikut adalah 10 negara penghasil emas terbesar di dunia, ada Indonesia juga loh.

10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

1. China
Produksi emas: 370 MT

China menjadi negara pertambangan emas teratas di dunia pada 2023 dengan produksi sebesar 370 MT. Meskipun produksi emas China mencapai puncaknya pada 455 MT di 2016, produksinya tidak pernah turun di bawah 300 MT dalam lebih dari satu dekade. Produksi yang konsisten ini memastikan status China sebagai produsen emas teratas di dunia.

Industri pertambangan emas di China didominasi oleh operator milik negara. Beberapa perusahaan terbesar termasuk China Gold International Resources, Shandong Gold, dan Zijin Mining Group.

China juga menjadi tuan rumah operasi peleburan emas utama. Belt and Road Initiative yang mereka galakkan telah menghasilkan perusahaan-perusahaan China yang mengeksplorasi dan mengembangkan lokasi-lokasi di tempat lain di Asia dan Afrika, kemudian mengirim sumber daya mentah kembali ke China untuk dimurnikan.

Selain menjadi produsen emas teratas pada 2023, China merupakan konsumen emas terbesar dengan jumlah 1.089,69 MT. Bank sentral China merupakan pembeli logam mulia terbesar pada 2023, dengan menambah 225 MT emas ke dalam brankasnya sepanjang tahun sehingga totalnya menjadi 2.235 MT.

2. Australia
Produksi emas: 310 MT

Produksi emas Australia 2023 mencapai 310 metrik ton, sebagian besar setara dengan 314 MT tahun sebelumnya. Emas ditambang di sejumlah operasi utama di negara ini, dengan lima tambang emas teratas semuanya berlokasi di negara bagian yang berbeda.

Tambang dengan produksi teratas adalah tambang Boddington milik produsen teratas Newmont di Australia Barat, yang memproduksi 589.000 ons selama tiga kuartal pertama 2023.

Australia memiliki cadangan emas terbesar di dunia sebesar 12.000 MT, dan memiliki peran penting dalam pasokan emas global. Negara ini menyumbang 24 miliar dolar Australia bagi ekonomi negaranya pada periode 2022/2023.

3. Rusia
Produksi emas: 310 MT

Produksi emas dari Rusia mencapai 310 MT di 2023, sama dengan tahun sebelumnya. Produksi negara tersebut telah meningkat cukup signifikan sejak 2017, saat negara tersebut hanya memproduksi 255 MT emas.

US Geological Survey menyatakan bahwa cadangan emas Rusia mencapai 11.100 MT, menjadikannya negara dengan cadangan terbesar kedua setelah Australia. Namun, meskipun produksi dan cadangannya tinggi, emas Rusia mengalami kendala dalam menjangkau pasar dunia sejak invasi negara itu ke Ukraina pada Februari 2022. Sebagai respons atas situasi ini, operator tambang emas Rusia telah mencari pasar alternatif, khususnya negara-negara BRICS (Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan) dan negara-negara Asia lainnya seperti Kazakhstan.

4. Kanada
Produksi emas: 200 MT

Pada 2023, produksi emas di Kanada adalah sebesar 200 MT, turun sekitar 6 MT dari 2022. Ontario dan Quebec merupakan provinsi penghasil emas terbesar di negara ini.

Keduanya mewakili lebih dari 70% produksi emas Kanada. Pemerintah Kanada menyatakan bahwa emas merupakan komoditas tambang paling berharga di negara ini, dengan ekspor domestik mencapai 22,34 miliar dolar Kanada dari logam mulia tersebut pada 2022.

Selain itu, Segitiga Emas BC di barat laut British Columbia, Kanada, merupakan ladang eksplorasi yang potensial. Wilayah ini menjadi lokasi tambang emas Brucejack milik Newmont dan tambang tembaga hingga emas Red Chris.

Perusahaan-perusahaan junior seperti Goliath Resources juga telah melakukan penemuan-penemuan penting di wilayah tersebut, yang selanjutnya memicu optimisme tentang potensi wilayah tersebut.

5. Amerika Serikat
Produksi emas: 170 MT

Pada 2023, Amerika Serikat memproduksi 170 MT emas, turun sedikit dari 173 MT yang diproduksi pada 2022. Meskipun penurunannya kecil, ini merupakan kelanjutan dari tren penurunan produksi sejak 2017, saat AS memproduksi 237 MT emas.

Menurut US Geological Survey, negara bagian teratas untuk produksi logam kuning ini adalah Nevada, yang menghasilkan 73% dari total produksi domestik, diikuti oleh Alaska dengan 13%. Sebanyak 27 operasi teratas di negara itu menghasilkan 97% dari produksi emas Amerika pada 2023.

Penilaian sumber daya emas AS menunjukkan bahwa negara tersebut memiliki sekitar 33.000 MT emas dalam bentuk sumber daya yang teridentifikasi dan belum ditemukan. US Geological Survey mencatat bahwa hampir seperempat dari emas dalam sumber daya yang belum ditemukan ada di dalam endapan porfiri tembaga. Cadangan emas di AS diperkirakan mencapai 3.000 MT.

6. Kazakhstan
Produksi emas: 130 MT

Produksi emas Kazakhstan di 2023 sebesar 130 MT mencerminkan pertumbuhan berkelanjutan dalam produksi logam kuning di negara tersebut, naik dari hanya 69 MT yang diproduksi pada 2016. Operasi penambangan emas terbesar di Kazakhstan adalah tambang Altyntau Kokshetau, yang dimiliki oleh raksasa pertambangan Glencore.

Pada Agustus 2023, perusahaan Anglo-Rusia Polymetal International, salah satu produsen terbesar di Kazakhstan, menghapus pencatatan dari Bursa Efek London dalam sebuah langkah yang bertujuan untuk memutus hubungan antara anak perusahaannya di Kazakhstan dan Rusia.

Perusahaan tersebut melakukannya sebagai respons terhadap ketegangan yang diakibatkan oleh invasi Rusia ke Ukraina. Perusahaan tersebut tetap tercatat di Bursa Efek Astana Internasional di Kazakhstan dan memiliki operasi besar di negara tersebut.

7. Meksiko
Produksi emas: 120 MT

Meksiko memiliki sejarah panjang dalam pertambangan emas. Faktanya, penjajahan Spanyol di Amerika Tengah pada awal dan pertengahan 1500-an sebagian besar menargetkan emas dan perak.

Saat ini, Meksiko merupakan salah satu pemimpin global dalam produksi emas, dengan hasil ekstraksi sebesar 120 MT pada 2023. Logam mulia menyumbang 50% dari total produksi logam negara tersebut.

Meskipun sebagian besar pertambangan emas di Meksiko dikendalikan oleh entitas asing, salah satu operasi terbesar, tambang Herradura yang dimiliki Fresnillo yang berpusat di Mexico City, menghasilkan 355.485 ons emas atau sekitar 10,08 MT, pada tahun fiskal perusahaan 2023. Tambang tersebut mewakili lebih dari setengah produksi emas Fresnillo dan menghasilkan sekitar seperempat dari total pendapatan perusahaan yang disesuaikan.

8. Indonesia
Produksi emas: 110 MT

Industri pertambangan merupakan salah satu sektor terpenting di Indonesia, dan negara kita ini merupakan salah satu produsen nikel, tembaga, dan emas terbesar di dunia. Pada 2023, Indonesia diperkirakan memproduksi 110 MT emas, naik 5 MT dari tahun sebelumnya.

Indonesia merupakan rumah bagi beberapa operasi pertambangan emas besar. Yang terbesar adalah Grasberg Mining District, sebuah usaha patungan antara Freeport-McMoRan dan Indonesia Asahan Aluminium yang merupakan milik negara. Pada 2023, wilayah tersebut menghasilkan 1,98 juta ons emas, atau 56,1 MT. Diperkirakan terdapat 23,9 juta ons cadangan mineral di Indonesia.

9. Afrika Selatan
Produksi emas: 100 MT

Afrika Selatan memproduksi 100 metrik ton emas pada 2023, naik dari 89 MT di 2022. Diperkirakan sepersepuluh cadangan emas global berada di negara tersebut, dan wilayah Cekungan Witwatersrand merupakan salah satu sumber daya emas terbesar di dunia.

Afrika Selatan telah menjadi produsen emas teratas selama beberapa dekade, tetapi antara 1980 hingga 2018 produksi emas negara itu turun hingga 85%. Dalam beberapa tahun terakhir, Afrika Selatan telah menjadi lokasi konflik antara Association of Mineworkers and Construction Union (AMCU) dan produsen emas di daerah tersebut.

AMCU telah berkali-kali menggelar aksi protes dan pemogokan di beberapa tambang emas dan platinum dengan harapan memperoleh lebih banyak upah dan menghentikan penggabungan yang dapat menyebabkan hilangnya pekerjaan.

Pemadaman listrik telah menciptakan pertikaian lebih lanjut bagi industri emas Afrika Selatan. Keterbatasan pembangkitan listrik di negara tersebut telah menyebabkan pemadaman listrik bergilir, termasuk bagi para penambang, yang sebagian besar terhubung dengan jaringan listrik negara tersebut.

10. Uzbekistan
Produksi emas: 100 MT

Uzbekistan memproduksi 100 MT emas pada 2023, sejalan dengan produksinya selama dekade terakhir. Dioperasikan oleh Navoi Mining and Metallurgical Company, tambang emas Muruntau di Uzbekistan merupakan salah satu operasi penambangan emas terbesar di dunia.

Deposit emas dalam jumlah besar pertama kali ditemukan di lokasi tersebut pada 1950-an, dan masih menyimpan beberapa cadangan terbesar di dunia sebesar 4.500 MT. Penemuan tersebut menandai dimulainya penambangan emas di Uzbekistan. Tambang tersebut menghasilkan lebih dari 2,5 juta ons emas per tahun dan diperkirakan akan terus beroperasi hingga tahun 2030-an. *** detik.com