Kapal Tanker Filipina Angkut 1,4 Juta Liter Minyak Terbalik

RRINEWSS.COM- – Sebuah kapal tanker berbendera Filipina yang membawa 1,4 juta liter bahan bakar minyak industri terbalik dan tenggelam di lepas pantai Manila pada Kamis (25/7/2024).

Pihak berwenang mengatakan MT Terra Nova sedang menuju pusat kota Iloilo ketika tenggelam di Teluk Manila, hampir 7 km dari kota Limay di provinsi Bataan, dekat ibu kota, pada dini hari.

Kapal itu tenggelam ketika hujan deras yang dipicu oleh Topan Gaemi dan musim hujan musiman melanda Manila dan wilayah sekitarnya dalam beberapa hari terakhir.

Tumpahan minyak yang membentang beberapa kilometer telah terdeteksi di jalur air yang sibuk tersebut.

“Kami berpacu dengan waktu dan kami akan berusaha melakukan yang terbaik untuk segera membendungnya dan menghentikan kebocoran bahan bakar,” kata juru bicara Penjaga Pantai Filipina Laksamana Muda Armando Balilo dalam sebuah pengarahan, dikutip AFP.

Dia memperingatkan jika seluruh minyak di kapal tanker bocor, itu akan menjadi tumpahan minyak terbesar dalam sejarah Filipina.

“Ada bahaya besar yang akan menimpa Manila, bahkan garis pantai Manila, jika bahan bakar bocor karena berada di Teluk Manila,” lanjutnya.

Ribuan nelayan dan operator tur bergantung pada perairan untuk mata pencaharian mereka.

Menteri Transportasi Jaime Bautista mengatakan 16 dari 17 awak kapal telah diselamatkan.

Pencarian sedang dilakukan untuk mencari anggota kru yang hilang, namun Bautista mengatakan angin kencang dan gelombang tinggi menghambat upaya tanggap.***detik.com