Miss V Sakit saat Berhubungan Intim dengan Suami, Apa Penyebabnya?

JAKARTA RRINEWSS.COMDokter, saya sudah menikah. Tapi, saya setiap berhubungan selalu merasa sakit ketika penis suami saya masuk ke vagina saya. Padahal kami sudah melakukan banyak hal untuk foreplay-nya.

Tapi, setiap penis suami saya masuk ke vagina dan posisinya dia di atas saya, saya selalu kesakitan. Untuk itu, setiap suami mau memasukkan penis, saya mengganti posisi menjadi WOT atau di atas suami.

Kira-kira, ini kenapa ya, Dok?

SA (wanita, 25 tahun)

Jawaban:

Keluhan nyeri saat berhubungan atau dispareunia sering dialami seorang wanita. Dispareunia ini dapat dibagi menjadi 2, yaitu superficial dan deep.

Dispareunia superficial adalah nyeri yang dirasakan saat penetrasi penis ke dalam liang vagina. Kondisi ini sering disebabkan oleh lubrikasi yang masih kurang, bisa disebabkan karena foreplay yang belum cukup, kecemasan, menyusui, konsumsi obat-obatan tertentu.

Sedangkan deep dispareunia, adalah nyeri yang dirasakan saat sudah dilakukan penetrasi dalam. Dispareunia juga dapat disebabkan oleh infeksi baik di vagina maupun saluran kemih, vulvodynia, endometriosis, dan pelvic congestion syndrome.

Untuk memastikan mana penyebab dan bagaimana penanganannya, sebaiknya konsultasikan kondisi Ibu ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar tatalaksana penanganannya sesuai dengan kondisi Ibu. Semoga jawabannya membantu ya.

dr Grace Valentine, SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan
RS Pondok Indah – Puri Indah. ***(sao/kna)