Milliarder Berusia 95 Tahun Miliki Harta Rp70 Triliun

RRINEWSS.COM- – Lim Hariyanto Wijaya Sarwono merupakan miliarder tertua di Indonesia, bahkan di dunia. Ia kini berusia 95 tahun. Kekayaan Lim mencapai US$ 4,3 miliar menurut real time net worth Forbes, dikutip Rabu (10/7/2024).

Kekayaan Lim ini jika dikonversi ke mata uang rupiah adalah sebesar Rp 70 triliun. Ayah dari tujuh orang anak ini memiliki usaha di sektor kelapa sawit hingga tambang.

Lim dan keluarganya memiliki saham mayoritas di produsen minyak sawit Bumitama Agri yang terdaftar di Bursa Efek Singapura. Sementara perkebunan dari perusahaan ini berlokasi di Indonesia.

Putranya Lim Gunawan Hariyanto kini menjadi CEO Harita Group. Sementara Putrinya Christina adalah direktur eksekutif di Bumitama Agri.

Harita Group memiliki mayoritas perusahaan pertambangan bauksit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yakni PT Cita Mineral Investindo Tbk.

Perusahaan smelter nikel terintegrasi milik Lim, PT Trimegah Bangun Persada Tbk, telah mencatatkan saham di BEI pada tahun 2023 dan meraih US$ 650 juta.

Ayah Lim berimigrasi dari Tiongkok ke Kalimantan Timur. Kemudian membuka toko kelontong pada tahun 1915.

Harita Group yang merupakan bisnis keluarganya berasal dari nama Lim Hariyanto dan istrinya, Rita.

Lim juga masih berupaya meningkatkan tingkat pendidikannya pada akhir tahun 1960-an. Akhirnya, dia mendapatkan gelar doktor di bidang administrasi bisnis dari Shanghai Jiao Tong University di usia 77 tahun pada tahun 2005.***(brsc)