Jumlah Hotspot Melonjak jadi 14 Titik, Rohil Terbanyak

ROKANHILIR RRINEWSS.COMJumlah hotspot di Pulau Sumatera kembali menurun jadi 574 titik, Minggu (1/10/2023) sore. Sementara Provinsi Riau meningkat dari tujuh titik jadi 14 titik.

“Total titik panas atau hotspot wilayah sumatera ada 574 titik, terbanyak masih Sumsel 459 titik. Kemudian lampung 54 titik, Babel 31 titik, jambi 15 titik dan riau 14 titik,” sebut Anggun, Prakirawan BMKG stasiun Pekanbaru.

“Kemudian, bengkulu satu titik panas. Untuk 14 titik panas di riau tersebar di kabupaten Rohil delapan titik, Rohul tiga titik, bengkalis satu titik, Kuansing satu titik dan siak satu titik,” tukasnya.

Seperti diketahui, Pemprov Riau bersama pemerintah daerah 12 kabupaten/kota mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sejak lama. Tetapi terjadi Karhutla di wilayah Rohil, Pelalawan, Bengkalis, Indragiri Hulu, dan Dumai.

Pemprov Riau telah mendapat bantuan helikopter bantuan patroli dan water bombing. Karena sudah mulai teratasi, dua helikopter WB dialihkan ke provinsi lainnya.

Lalu operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengantisipasi bencana Karhutla di Provinsi Riau dengan menyemai garam sudah dihentikan. Sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta seluruh Kapolda se-Indonesia mengeluarkan maklumat larangan membakar hutan dan lahan.***(hlr)