Ajang Pilpres, Ribuan Saksi Siap Kawal Suara Anies di Riau

PEKANBARU RRINEWSS.COMRibuan saksi siap mengawal suara bakal calon presiden Anies Baswedan di Provinsi Riau. Saksi ditempatkan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memastikan tidak ada kecurangan selama pemungutan suara pemilu 2024 nanti.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi) Anies Baswedan Riau, Alpasirin. Organisasi yang terdiri dari ratusan simpul relawan ini dibentuk untuk mengawasi suara bakal calon presiden Anies Baswedan.

Bakorsi Anies Baswedan Riau dikukuhkan di Hotel Cokro, Jl Sudirman, Kota Pekanbaru, Ahad (30/7/2023).

Sekretaris Dewan Penasehat Bakorsi Anies Baswedan Riau Jhony Charles memasang rompi secara simbolis kepada ratusan saksi yang akan ditugaskan di TPS.

Bakorsi Anies Baswedan Riau merupakan tim saksi yang pertama didirikan di Sumatera. Tim saksi Anies Baswedan juga akan dibentuk di seluruh kabupaten, kota, kecamatan hingga desa.

Alpasirin menyatakan saksi bakal calon presiden Anies Baswedan di Riau menyatakan siap mengawal setiap suara sehingga kemenangan yang diharapkan tercapai.

Menurut Alpasirin, saksi Anies Baswedan ditugaskan untuk menghitung dan mengawasi perolehan suara bakal calon presiden dari tingkat TPS sampai pleno nasional.

Mantan anggota DPRD Rokan Hulu ini menambahkan para saksi akan dibekali pendidikan teknis penghitungan suara dan antisipasi kecurangan pemilu. Selain mengawal suara Anies Baswedan, saksi juga ditugaskan memantau suara partai pengusung bakal calon presiden ini di seluruh TPS.

“Kita ingin agar saksi tersebar di seluruh kabupaten kota hingga desa. Setiap tingkatan ada 100 anggota sehingga menjangkau seluruh daerah. Tujuannya untuk mengantisipasi kecurangan di TPS. Kita dengan semangat yang kuat bisa memenangkan Anies di Riau,” kata Alpasirin.

Sementara Sekretaris Dewan Penasehat Bakorsi Anies Baswedan Riau Jhony Charles menyampaikan doa di depan peserta. Doa tersebut pernah dibacakan Anies Baswedan saat Apel Siaga Partai Nasdem di Stadion Gelora Bung Karno, lalu. Antara lain, doa keselamatan bangsa, perubahan dan perbaikan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat.

“Saya ingin membangkitkan semangat para relawan dan saksi Anies Baswedan yang akan bertugas di TPS. Saksi adalah ujung tombak pengawasan pemilu. Saya apresiasi pengorbanan ini,” kata Jhony.

Tokoh muda Riau ini siap memberikan materi tentang pendidikan pemilu sebagai bekal bagi saksi di 19 ribu TPS untuk memantau perolehan suara dan mengantisipasi kecurangan.

“Kita harus tahu teknis pemungutan suara dan punya strategi untuk mencegah terjadinya kecurangan di TPS. Ini harus dipahami para saksi,” kata Jhony. ***cakaplah