KPU Dumai Lakukan Persiapan Jalankan Tahapan Pilkada 2024

RRINEWSS.COM- Dumai —   Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai Zulfan mengatakan bahwa semua tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota sudah diagendakan dan secara bertahap sudah dilalui.

Menjelang dilaksanakan jadwal dan tahapan Pilkada tersebut, KPU akan membuka pengumuman pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah.

“Terkait agenda dan tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak, kita sudah memulai sejumlah tahapan, dan kemudian dalam waktu dekat akan membuka masa pendaftaran bakal calon walikota dan wakil walikota,” kata Zulfan kepada pers, Kamis (1/8/24).

Dijelaskan, untuk mematangkan kesiapan pelaksanaan seluruh agenda ini, KPU intensifkan koordinasi ke sejumlah lintas sektor yang berkaitan dengan kepemiluan.

Berdasarkan jadwal dan tahapan, maka pada 24 hingga 26 Agustus 2024 mendatang dilaksanakan pengumuman pendaftaran pasangan calon walikota dan wakil walikota.

Sedangkan pendaftaran bakal pasangan calon dilaksanakan 27 hingga 29 Agustus mendatang. Kemudian untuk penetapan pasangan calon dilaksanakan 22 September 2024.

“Jelang pelaksanaan pengumuman pasangan calon sesuai jadwal dan tahapan, KPU terus mematangkan berbagai persiapan, seperti melakukan pertemuan secara internal maupun menjalin koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak,” demikian Zulfan.

KPU Dumai berharap dengan persiapan yang telah dilakukan itu nantinya pelaksanaan kegiatan pengumuman sampai penetapan pasangan calon berjalan lancar tanpa ada hambatan. ***(ant)