Diduga Sengaja Dibakar, 20 Hektare Lahan di Rokan Hulu Hangus

RRINEWSS.COM-  ROKANHULU — Sekitar 20 hektare (Ha) lahan di perbukitan wilayah Rokan Hulu, Riau, hangus terbakar. Lahan itu diduga sengaja dibakar untuk perkebunan kelapa sawit.

Kepala BPBD Rokan Hulu, Ridarmanto saat dikonfirmasi membenarkan lahan terbakar di area bukit. Lahan terbakar pada, Kamis (25/7) kemarin.

“Kita cek di satelit memang belum terdata. Kemarin dicek terbakar, kami sampai jam 12 tadi malam,” tegas Ridarmanto kepada detikSumut, Jumat (26/7/2024).

Ridarmanto menyebut lahan yang terbakar adalah lahan bekas rumbangan. Lahan itu kering, kemudian ditanami kelapa sawit.

“Kalau lokasi bekas tumbangan, kering lalu ada ditanam sawit. Kita nggak tahu modus apa (dibakar atau terbakar) karena sudah banyak ditanam sawit. Ada di sebelah tidak padam kita padamkan hari ini,” katanya.

Lahan terbakar itu bahkan kini sudah dipasang police line oleh penyidik Reskrim Polres Rokan Hulu. Ridarmanto menyebut api sempat sulit dipadamkan karena berada di area perbukitan.

“Kalau perkiraan dari penyidikan Reskrim itu sekitar 20 Ha dan sudah di police line. Itu masalahnya bukit, ada jalan, tapi api sudah nyeberang dan sudah buah sawitnya,” kata Ridarmanto.

“Material lumayan (kering), kalau terbakar tadi malam. Lokasi Rokan IV Koto, Desa Simpang Kiri Hilir,” katanya lagi.*** (ras/dtc/astj)