Juventus Juarai Coppa Italia 2023-2024, Kalahkan Atalanta 1-0

RRINEWSS.COM- – Juventus berhasil menjuarai Coppa Italia 2023-2024. Mereka mengalahkan Atalanta 1-0 berkat gol Dusan Vlahovic dalam final Stadio Olimpico, Roma, Kamis dinihari WIB, 16 Mei 2024.

Hasil ini mengantar Juventus menajamkan rekornya. Mereka meraih gelar ke-15 dalam 22 final yang dijalani.

Tim asuhan Massimiliano Allegri ini juga trofi pertama mereka dalam tiga tahun terakhir. Juve belum pernah mengangkat trofi sejak mereka memenangkan kompetisi pada 2020-21, ketika mereka juga mengalahkan Atalanta di final.

Sementara itu, Allegri, menjadi pelatih pertama yang memenangi Coppa Italia lima kali. Ia mengungguli Sven-Goran Eriksson dan Roberto Mancini yang sudah juara empat kali.

Dalam laga ini, Vlahovic membawa Juventus unggul di menit keempat. Ia ia menerima umpan dari Andrea Cambiaso dan menerobos masuk ke dalam kotak penalti untuk mengirimkan bola melewati kiper Marco Carnesecchi dari titik penalti.

Vlahovic, yang juga mencetak gol saat mereka kalah di final dari Inter Milan pada tahun 2022 (4-2), menjadi pemain Juve ketiga yang mencetak gol di dua final Coppa Italia. Ia mengikuti jejak John Charles (1958-59, 1959-60) dan Savino Bellini (1937-38, 1941-42).

Striker asal Serbia ini sempat menggandakan keunggulan pada menit 72, menanduk umpan silang Cambiaso setelah bola memantul di depan Carnesecchi dan masuk ke dalam gawang. Namun, gol ini dianulir karena offside.

Juve terus berusaha untuk mempertahankan keunggulan mereka. Mereka cukup berhasil: mampu menciptakan peluang melalui serangan balik dan mencegah Atalanta mencatatkan satu pun tembakan tepat sasaran di sepanjang pertandingan.

Atalanta, yang diasuh Gian Piero Gasperini, memiliki lebih banyak penguasaan bola di sepanjang pertandingan. Namun sebuah tendangan dari luar kotak penalti oleh penyerang Ademola Lookman yang membentur tiang gawang di menit ke-80 menjadi peluang terbaik mereka.

Atalanta, yang akan menghadapi Bayer Leverkusen di final Europa League pada hari Rabu mendatang, berhasil mencapai dua final berbeda untuk pertama kalinya dalam satu musim.

Ini merupakan kekalahan kelima Atalanta secara beruntun di final Coppa Italia setelah mereka memenangkan satu-satunya gelar pada musim 1962-63.*** REUTERS