Kalahkan Irak dan Filipina, Timnas Masuk Ranking 22 Asia

RRINEWSS.COM- Jika mengalahkan Irak dan Filipina di dua laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia berpotensi naik ke peringkat 22 Asia versi FIFA. Kok bisa? Begini hitung-hitungannya.

Sesuai jadwal, Timnas Indonesia akan menjamu Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024) di dua laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan dari dua laga sisa untuk menyegel tempat di babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memiliki target ambisius. Mumpung main di kandang sendiri, Shin Tae-yong menargetkan kemenangan atas Irak dan Filipina!

Kemenangan atas Irak dan Filipina tak hanya meloloskan skuad Garuda ke babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan Piala Asia 2027, tapi juga mendongkrak ranking FIFA Timnas Indonesia.

Mengutip dari laman football-ranking.com, kemenangan atas Irak membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 19,3 poin di ranking FIFA. Selanjutnya, kemenangan atas Filipina mengantarkan skuad asuhan Shin Tae-yong meraup tambahan 11,84 poin di ranking FIFA.

4 Negara Asia Tenggara yang di Ambang Gagal Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Nomor 1 Timnas Indonesia?
Jika ditambahkan, skuad asuhan Shin Tae-yong mendapatkan tambahan 31,14 poin. Tambahan poin itu membuat skuad Garuda Berpotensi naik tujuh posisi dari peringkat 134 ke 127 dunia.

Menempati peringkat 127 dunia, Timnas Indonesia masih menempati posisi 23 Asia. Namun, Timnas Indonesia bisa naik ke peringkat 22 Asia jika India yang kini menempati peringkat tersebut mendapatkan hasil minor di dua laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sesuai jadwal, India masih akan menjamu Kuwait dan tandang ke markas Qatar. Wajib bagi india menyapu bersih dua laga di atas jika ingin lolos ke babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Akan tetapi, faktanya India sedang limbung. Saat dihadapkan dengan tim lemah Afghanistan saja, India hanya meraup satu angka dari dua pertemuan. Karena itu, potensi India dijungkalkan Kuwait dan Qatar sangat besar. Jika kalah dari Kuwait. India bakal kehilangan 13.94 poin. Sementara jika ditumbangkan Qatar, India kehilangan 4,99 poin.

Jika dikalkulasi, India bakal kehilangan 18,93 poin andai tumbang dari Kuwait dan Qatar. Otomatis, poin India di ranking FIFA bakal berkurang dari 1145.94 angka menjadi 1,127.01 poin. Jumlah itu kalah dari Timnas Indonesia jika menang atas irak dan Filipina yang menembus 1,133.84 poin. Jadi, akankah Timnas Indonesia menembus peringkat 22 Asia di Juni 2024?. ***okezone.com