KPK Ingatkan Harun Masiku Segera Menyerahkan Diri

RRINEWSS.COM-  JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyatakan tidak tahu keberadaan politikus PDI Perjuangan Harun Masiku, tersangka sekaligus buronan kasus dugaan suap terkait pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR RI.

Hal itu ia sampaikan menanggapi pemberitaan media bahwa KPK akan menangkap Harun Masiku atau HM dalam satu pekan ini.

Alex menjelaskan, pernyataan tentang segera menangkap dalam satu pekan ini merupakan harapannya, bukan kepastian.

“Saya bilang semoga, mudah-mudahan. Keberadaan HM di mana, saya enggak tahu,” kata Alex saat dikonfirmasi wartawan, Rabu 12 Juni 2024.

Ia berharap agar Harun Masiku yang selama ini buron segera menyerahkan diri.

“Lebih baik lagi kalau yang bersangkutan menyerahkan diri,” ujarnya.

Sebelumnya, Alexander Marwata mengungkapkan penyidik sudah mendeteksi keberadaan Harun Masuki yang sudah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Saya pikir sudah (tahu lokasi Harun Masiku) penyidik,” ujarnya saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 11 Juni 2024.

Alex pun berharap penyidik dapat menangkap tersangka Harun Masiku dalam waktu dekat. “Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkep. Mudah-mudahan,” kata Alex.

Dalam kasus Harun Masiku, Alex menegaskan, tak ada politisasi. Ia mengaku telah menanyakan pada empat pimpinan KPK yang mendompleng kasus tersebut.

“Sebenarnya enggak ada hubungannya ya, karena kalau dari pimpinan sendiri enggak sampai ke sana. Gak ada yang menghubungi satu pun pimpinan di antara empat. Dan saya sudah tanya apakah ada perintah dari siapa pun pihak di luar? ‘Ga ada Pak Alex.’ Ini normatif saja,” ucap Alex.

Pada awal pekan ini, KPK memeriksa Sekjen PDI Hasto Kristiyanto sebagai saksi terkait kasus Harun Masiku.

Penyidik turut menyita beberapa barang pribadi Hasto seperti handphone untuk keperluan penyidikan. sumber :okezone.com