Jokowi Kecam Serangan Udara Israel ke Rafah

RRINEWSS.COM-  DUMAI — Presiden Joko Widodo mengecam serangan udara Israel ke Rafah, Gaza Selatan. Kecaman disampaikan usai Jokowi mengunjungi Pasar Senggol, Kota Dumai, Riau.

“Meskipun sudah berkali-kali saya sampaikan, tapi saya ingin mengulang lagi bahwa Indonesia mengecam keras serangan Israel ke Rafah,” kata Presiden, Sabtu (1/6/2024).

Jokowi menilai Israel seharusnya wajib mentaati keputusan dari Mahkamah Internasional. Termasuk penghentian serangan ke Palestina.

“Dan Israel mestinya memiliki kewajiban untuk mentaati mahkamah internasional. Termasuk penghentian konvensi serangan Palestina,” kata Jokowi tegas.

Dikutip dari detikNews, militer Israel kembali melancarkan serangan udara di Rafah, Gaza Selatan. Para petugas medis Gaza mengatakan bahwa serangan pada Kamis (30/5) dini hari waktu setempat itu, menewaskan sedikitnya 12 warga Palestina.

Para petugas medis mengatakan bahwa warga sipil Palestina lainnya tewas dalam serangan udara di kamp pengungsi Al-Shati di sebelah barat Kota Gaza.

Israel terus melakukan serangan di Rafah meskipun ada perintah dari Mahkamah Internasional (ICJ), pengadilan tertinggi PBB, untuk menghentikan serangannya.

Militer Israel mengatakan mereka berusaha membasmi para milisi Hamas dan menyelamatkan sandera yang ditahan di sana. Sedikitnya 36.224 orang telah tewas di wilayah Gaza selama lebih dari tujuh bulan perang antara Israel dan Hamas, kata Kementerian Kesehatan di Gaza pada Kamis. *** (ras/dtc/dhm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *