Saat Lepas Landas Pesawat Jatuh 18 Penumpang Tewas, Pilot Kondisi Selamat

RRINEWSS.COM- – Sebanyak 18 orang tewas ketika sebuah pesawat penumpang kecil milik Saurya Airlines Nepal jatuh dan terbakar saat lepas landas di bandara ibu kota Kathmandu pada Rabu (24/7/2024). Sementara pilot penerbangan selamat dan dalam perawatan.

Pesawat yang membawa dua awak dan 17 teknisi, sedang melakukan perawatan rutin di bandara baru Pokhara di Nepal, yang dibuka pada Januari tahun lalu dan dilengkapi dengan hanggar perawatan pesawat.

“Tak lama setelah lepas landas pesawat berbelok ke kanan dan jatuh di sisi timur landasan pacu,” kata Otoritas Penerbangan Sipil Nepal.

Kecelakaan itu menambah catatan buruk keselamatan udara di negara Pegunungan Himalaya yang wilayahnya diapit di antara India dan China. Kondisi geografis ini membuat Nepal sangat bergantung pada konektivitas udara karena jaringan jalannya yang terbatas.

Hampir 350 orang tewas dalam kecelakaan pesawat atau helikopter di negara itu sejak 2000.

Perdana Menteri Nepal, KP Sharma Oli, mengunjungi lokasi kecelakaan dan meminta masyarakat untuk bersabar, tanpa menjelaskan lebih lanjut. Seorang juru bicara pemerintah mengatakan, rapat kabinet darurat diadakan untuk membentuk panel guna menyelidiki kecelakaan tersebut.

Ke-18 orang di dalam pesawat CRJ-200 berkapasitas 50 penumpang yang jatuh, dengan registrasi 9N-AME, adalah warga negara Nepal, sementara satu teknisi berasal dari Yaman.

“Hanya kapten yang selamat dan sedang menerima perawatan di rumah sakit,” kata juru bicara Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu, Tej Bahadur Poudyal.

Tayangan televisi menunjukkan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dan asap hitam tebal mengepul ke angkasa. Gambar juga menunjukkan pesawat terbang sedikit di atas landasan pacu dan kemudian miring ke kanan sebelum jatuh.

Visual lainnya menunjukkan petugas penyelamat memeriksa sisa-sisa pesawat yang hangus, berserakan di ladang hijau subur, dan jenazah dibawa ke ambulans dengan tandu sementara warga menyaksikan.

“Pesawat itu dijadwalkan menjalani perawatan selama sebulan mulai Kamis. Tidak jelas mengapa pesawat itu jatuh,” kata Mukesh Khanal, kepala pemasaran Saurya Airlines.

Bandara Kathmandu ditutup sementara setelah kecelakaan itu tetapi dibuka kembali dalam beberapa jam kemudian.

Personel tentara Nepal dan petugas damkar mencari korban tewas di puing-puing pesawat Saurya Airlines yang jatuh sesaat setelah lepas landas di Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu, Nepal, Rabu, 24 Juli 2024. (AP/AP/BRSC)