Spanyol, Irlandia, dan Norwegia Akui Palestina Mengakui Negara Palestina

RRINEWSS.COM- – Pemerintah Indonesia menyambut baik keputusan Spanyol, Irlandia, dan Norwegia untuk mengakui negara Palestina. Pengakuan tersebut bisa mendorong terciptanya solusi dua negara (Palestina dan Israel).

“Pengakuan tersebut memiliki arti penting untuk mewujudkan solusi dua negara,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan tertulis Kemenlu, Selasa (28/5/2024).

Apresiasi disampaikan langsung oleh Menlu Retno kepada Menlu Spanyol Jose Manuel Albares di Brussels, Belgia, Minggu (26/5/2024), dalam rangka kunjungan untuk menghadiri pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan negara-negara Eropa khusus membahas isu Palestina.

Menlu Retno juga menemui Menlu Irlandia Micheal Martin dan dilanjutkan dengan pertemuan dengan Menlu Norwegia Espen Barth Eide pada Senin (27/5/2024) untuk menyampaikan penghargaan serupa.

“Menghargai keputusan Norwegia yang mengakui negara Palestina, yang sangat penting untuk mendukung perjuangan & kenegaraan Palestina,” kata Retno dalam unggahannya di X.

Spanyol, Irlandia, dan Norwegia secara resmi mengakui negara Palestina pada Selasa, sebagai upaya untuk mempercepat gencatan senjata dalam perang Israel dengan kelompok Palestina, Hamas di Jalur Gaza.

Ketiga negara tersebut berharap keputusan mereka akan mendorong negara-negara Uni Eropa (EU) lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan Madrid mengakui kesatuan negara Palestina, termasuk Jalur Gaza dan Tepi Barat, di bawah Otoritas Nasional Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Departemen Luar Negeri Irlandia mengatakan akan meningkatkan status kantor perwakilannya di Ramallah, Tepi Barat, menjadi kedutaan dan menunjuk seorang duta besar untuk bertugas di sana.***

sumber :beritasatu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *