18 Jam Tertutup Abu Vulkanik, Bandara Minangkabau Kembali Dibuka

RRINEWSS.COM–PADANG- Bandara Internasional Minangkabau (BIM) kembali dibuka mulai hari ini setelah ditutup sementara akibat Gunung Marapi erupsi.

Meski begitu, pagi ini Gunung Marapi kembali erupsi hingga duka kali.
BIM sendiri dibuka hari ini sekitar pukul 05.20 WIB setelah ditutup lebih dari 18 jam atau mulai pukul 10.45 WIB pada Jumat (5/1).

“Alhamdulillah, pagi ini sudah kita operasikan lagi,” kata Kepala Otoritas Bandara (Kaotban) Wilayah 6 Padang, Capt Megi Hermiadi kepada detikSumut, Sabtu (6/1/2024).

Menurut Megi, dari hasil pengamatan dan paper test, sudah tidak ditemukan lagi abu vulkanik, sehingga operasional bandara bisa dilakukan.

“Tidak ada lagi. Sementara ini aman,” katanya.

Meski begitu, operasional bandara sewaktu-waktu bisa dihentikan lagi, kalau kondisi mengkhawatirkan.

“Kita bersama stakeholder terkait, terus melakukan pemantauan kondisi,” katanya lagi,

Terus Erupsi

Sementara itu, Gunung Marapi terus mengalami erupsi. Pos Pemantau Gunung (PGA) Gunung Marapi di Kota Bukittinggi mencatat, pagi ini, gunung mengalami erupsi dua kali, masing-masing pada pukul 08.54 WIB dan pukul 08.58 WIB.

“Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 4.9 mm dan durasi sementara ini lebih kurang 1 menit 24 detik,” kata Kepala Pos PGA Marapi, Ahmad Rifandi dalam laporan tertulis yang diterima detikSumut.

“Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat,” katanya menambahkan.

Gunung Marapi telah mengalami erupsi lebih dari satu bulan. Erupsi pertama terjadi pada Minggu (3/12/2023) silam, yang menyebabkan 24 orang pendaki meninggal dunia terkena letusan.***(astj/dtc/astj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *