Pakar Jepang Minta Negaranya Waspadai Senjata Rahasia Indonesia

RRINEWSS.COM- Amerika Serikat (AS), Jepang, dan negara-negara lain yang mewaspadai ekspansi maritim Beijing dan ingin membantu Indonesia dari invasi China.

Jepang bahkan sampai mengekspor kapal pengawal ke Indonesia untuk mengungguli China.

Media jepang, trafficnews.jp pada 20 November 2020, mengungkap alasan Jepang mengekspor kapal pengawal ke Indonesia.

“Mengekspor kapal pengawal ke Indonesia bukanlah hal yang mudah bagi Jepang yang sudah tidak berpengalaman, tetapi alutsista tidak hanya untuk Indonesia tetapi juga untuk negara-negara yang dapat berbagi ide navigasi laut bebas, yang merupakan penyelamat bagi Jepang sebagai sebuah negara kepulauan,” ungkapnya.

“Indonesia berkonflik dengan China dalam kepentingan maritim, dan dapat diperkirakan bahwa mengekspor kapal pengawal ke Indonesia akan berdampak menahan China, dan dengan meningkatkan impor alutsista dari Amerika Serikat dan negara-negara lain.

Hal ini juga diharapkan dapat memberikan pengaruh yang besar dalam melindungi dan membina industri pertahanan Jepang yang sedang dalam situasi sulit,” jelasnya.

“Ekspor Indonesia adalah untuk kepentingan nasional dan mengerjakannya tanpa menekan dalam arti mempererat hubungan dengan negara-negara Asia Tenggara, yang akan lebih penting lagi bagi Jepang di masa depan,” ungkapnya.

Selain mengekspor alutsista ke Indonesia, Jepang juga punya siasat untuk membantu Indonesia mempertahanan Laut Natuna Utara dengan pendekatan ekonomi.

Pengamat militer China Fu Kuncheng berpendapat Indonesia saat ini sangat serius menjaga kedaulatan negara serta tak bisa ditekan oleh kekuatan manapun.

“Indonesia memiliki pemerintahan baru yang perlu membuktikan kepada masyarakat bahwa Indonesia lebih serius menjaga sumber daya alamnya.

Indonesia adalah negara yang sangat besar dan biasanya telah merdeka (tak bisa ditekan) dari kekuatan apa pun, apakah itu China atau AS.” jelas Fu dikutip dari afr.com pada 24 Juni 2016. Sumber: Instagram @kemhanri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *