Perdana Pesawat Kepresidenan Mendarat di Bandara IKN

RRINEWSS.COM – Pesawat kepresidenan Boeing Business Jet 737-800 BBJ yang ditumpangi Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana, bersama rombongan perdana mendarat di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024).

Meski sebelumnya pesawat kepresidenan RJ85 sudah mendarat pada 24 September 2024, namun, pendaratan pesawat RI 1 tipe Boeing Business Jet 737-800 ini merupakan kali pertama mendarat di Bandara Nusantara.

Bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 07.00 WIB, Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Nusantara sekitar pukul 10.00 Wita. Pendaratan pesawat berbadan besar ini berjalan dengan lancar.

Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni melalui unggahan akun instagram pribadinya @rajaantoni mengucapkan rasa syukur atas lancarnya pendaratan perdana pesawat kepresidenan Boeing 737 di IKN. Dalam unggahannya ia juga berharap nantinya sejumlah pesawat komersil bisa menyusul mendarat di Bandara IKN.

“Alhamdulillah, pesawat kepresidenan Boeing 737 sudah mendarat pertama kalinya di Bandara Nusantara, semoga berikutnya semua fasilitas pelengkap akan membuat pesawat-pesawat komersil juga bisa mendarat di Bandara Nusantara,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani mengatakan Presiden Jokowi akan kembali melakukan uji coba Bandara Nusantara IKN dengan mendarat menggunakan pesawat yang lebih besar dari sebelumnya.

Jika sebelumnya Jokowi telah mendarat dengan pesawat kepresidenan RJ85, kini landasan pacu (runway) Bandara Nusantara dipertebal dan diperluas. Rencananya, Jokowi akan menumpang Pesawat Kepresidenan Boeing Business Jet 737-800 pada Jumat (11/10/2024).

“Bandara di IKN insyaallah akan siap uji coba juga besok. Pada Jumat akan dicoba Bapak Presiden melalui bandara IKN. Sebelumnya memang sudah melalui bandara IKN, tetapi sekarang akan coba dengan kapal berbadan besar,” kata Rosan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (9/10/2024).***beritasatu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *