Kisahnya Viral, Mbah Parto Dapat Bantuan Jokowi Rp10 Juta

RRINEWSS.COM- – Seorang penjual mainan Mbah Partono, seorang penjual mainan tradisional dari Dusun Ngepoh, Kalurahan Semin, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menerima bantuan dari Presiden Joko Widodo berupa uang tunai sebesar Rp 10 juta dan paket sembako. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh staf kepresidenan di rumahnya pada Kamis (29/8/2024).

Menurut Penanggung Jawab Kehumasan Pimpinan dan Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji, bantuan ini diberikan karena kisah Mbah Partono sempat viral di media sosial.

“Karena kisah Mbah Partono yang sempat viral, presiden merasa perlu untuk mengirimkan bantuan. Apalagi di usianya yang senja, Mbah Partono masih bersemangat jualan mainan tradisional,” kata Ditya Nanaryo.

Mbah Partono biasanya berjualan di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Selama lebih dari tujuh tahun, ia menjual mainan tradisional buatan tangan sendiri dan dari pengrajin lainnya. Harga mainan yang dijualnya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Selain itu, Mbah Partono juga membuat suling bambu yang dikirim ke luar kota, seperti Bali, dengan bantuan anak dan menantunya.

Dalam kesempatan tersebut, Mbah Partono juga menerima Kartu Keluarga Sejahtera dan dinyatakan telah terdaftar dalam Program Keluarga Harapan. Bantuan ini diterima dengan penuh syukur oleh Mbah Partono, yang merasa dirinya masih diperhatikan oleh banyak pihak meski di usianya yang lanjut.

Mbah Partono, yang kini tinggal bersama istri, dua anak, dan tiga cucunya, sebelumnya bekerja sebagai tukang gali sumur dan pengangkut pasir. Namun, seiring bertambahnya usia, ia beralih profesi menjadi penjual mainan tradisional yang sebagian besar dibuatnya sendiri.***(beritasatu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *