Survei LSI Banyak tak Puas dengan Kepemimpinan Syamsuar

RRINEWSS.COM-  – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru mengenai calon Gubernur Riau, Syamsuar.
Hasilnya menunjukkan bahwa 39,5 persen masyarakat Riau menolak mantan Gubernur tersebut untuk maju kembali dalam pemilihan Gubernur Riau pada November 2024 mendatang, karena masyarakat merasa tidak puas dengan kepemimpinannya lebih kurang 4 tahun lebih.

Direktur SIGI LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan, ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja Syamsuar selama menjabat gubernur cukup signifikan, dengan 39,5 persen responden merasa tidak puas, sementara hanya 42,4 persen yang puas.

“Angka ketidakpuasan ini menunjukkan rendahnya kepercayaan publik, mengingat Syamsuar adalah incumbent. Seharusnya sebagai incumbent kepuasaan masyarakat standarnya harus 65-70 persen,” kata Ardian.

Sedangkan, lanjut Ardian, responden yang mendukung Syamsuar untuk kembali maju hanya 23,8 persen. Angka tersebut hampir sama dengan tingkat elektabilitasnya. Selain itu, 37,9 persen responden mengaku tidak tahu atau tidak menjawab.

Ardian menekankan, seharusnya angka kepuasan terhadap Syamsuar lebih tinggi, mengingat pengalamannya sebagai Bupati Siak selama dua periode dan Gubernur Riau satu periode.

“Dengan pengalaman panjang tersebut, publik seharusnya memiliki harapan lebih tinggi,” sebutnya.

LSI Denny JA juga mencatat bahwa jarak elektabilitas antara pasangan Syamsuar-Mawardi dengan pasangan Abdul Wahid – SF Hariyanto mencapai 13 persen, menunjukkan ketidakstabilan posisi Syamsuar sebagai incumbent. “Seharusnya, sebagai incumbent, posisi elektabilitas tidak terlalu melebar, tapi fakta di lapangan berbicara lain,” katanya.***cakaplah