4 Februari Debat Capres Edisi Terakhir Mengangkat Tema Pendidikan

JAKARTA – Rangkaian debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) akhirnya mencapai di sesi terakhir. Debat ke-5 ini akan berlangsung pada Minggu, 4 Februari 2024.

Debat capres-cawapres merupakan media yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengenalkan visi dan misi paslon kepada masyarakat. Melansir dari laman resmi KPU, debat dilaksanakan selama lima kali dan dapat disaksikan secara online di seluruh wilayah Indonesia.

Debat mengangkat tema yang bermacam-macam. Mulai dari hukum, ekonomi, keamanan, lingkungan, hingga pendidikan.

Pemicu debat hadir dalam bentuk pertanyaan yang dirancang oleh para ahli terpilih di bidangnya. Melalui debat ini, masyarakat bisa mengetahui pandangan serta solusi yang akan dibawakan paslon mengenai suatu isu yang terjadi di Indonesia.

Debat Terakhir Bakal Bahas Pendidikan

Debat ke-3 capres sekaligus debat terakhir dalam rangkaian debat pilpres akan mengangkat tema pendidikan. Selain tema pendidikan, debat Pilpres 2024 yang terakhir juga akan membahas kesejahteraan sosial, kebudayaan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Setelah debat berakhir, para paslon akan melanjutkan kampanye hingga 10 Februari 2024. Setelah itu, masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih akan mengikuti pemilihan umum pada 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres 2024
Lebih lengkapnya, berikut jadwal dan tema debat capres-cawapres 2024:

1. Debat Pertama (Capres)
Waktu: Selasa, 12 Desember 2023
Tema: pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga

2. Debat Kedua (Cawapres)
Waktu: Jumat, 22 Desember 2023
Tema: ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, perkotaan

3. Debat Ketiga (Capres)
Waktu: Minggu, 7 Januari 2024
Tema: pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional

4. Debat Keempat (Cawapres)
Waktu: Minggu, 14 Januari 2024
Tema: pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, energi, sumber daya alam, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

5. Debat Kelima (Capres)
Waktu: Minggu, 4 Februari 2024
Tema: pendidikan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat capres dan cawapres 2024 bisa disaksikan melalui stasiun televisi berikut ini:

TransTV
Trans7
CNN Indonesia
Kompas TV
BTV, *** (nir/dtc/nwy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *