Ciptakan Dumai Semakin Kondusif, Polres Launching Polisi RT

DUMAI RRINEWSS.COMPolres melaunching polisi RT yang bertujuan untuk menciptakan keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar Dumai semakin kondusif.

Launching Polisi RT digelar di Taman Bukit Gelanggang, Rabu (14/6) dihadiri Wali Kota Dumai H Paisal, Dandim 0320 Dumai, Dansat Radar, Lanal Dumai serta ketua suku se Kota Dumai dan para kapolsek.

Dibuka dengan apel bersama diikuti sebanyak 140 personel polisi yang segera bertu­gas menjaga keamanan di setiap RT di Kota Dumai.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto mengungkapkan para anggota kepolisian ini nantinya
akan berkoordinasi dengan para ketua RT, lurah, camat , tersebut dan dibantu Bhabinkamtibmas, ketika terjadi permasalahan di RT terse­but, bisa diselesaikan secara kekeluargaan untuk menjaga kondusivitas Kota Dumai.

Acara launching ini dilaksanakan di Polres Dumai mengundang para lurah, dan personel Polri ter­kait.

“Kita melaksanakan apel launching Polisi RT. Ke­giatan launching ini serentak dilaksanakan seluruh Polda Riau,” kata Ka­polresta.

Ia menjelaskan, selaku pimpinan di Polres Dumai dirinya mengucap­kan terima kasih atas para personel yang mendapat tugas tambahan. Polisi RT ialah program Polri untuk transformasi menciptakan kondisi yang kondusif di masyarakat.

“Dalam bentuk polisi mod­ern ini, tentunya untuk mencip­takan keamanan di setiap RT,” terangnya.

“Ketika terjun dan lebih dekat dengan masyarakat, Polisi RT dapat segera men­deteksi permasalahan yang terjadi di lingkungan dan mencari solusi masalah yang terjadi. Ini tahap pertama dalam pelaksanaan tugas Polisi RT,”tandasnya.

Selanjutnya kapolres meminta kepada semua personel yang bertu­gas untuk pelaksanaan tugas ke depan harus ikhlas agar mendapat berkah.

“Segera kenali ketua RT dan para tokoh di lingkun­gan RT tersebut. Segera in­vertarisir permasalahan yang ada di wilayah tugas. Selalu berkoordinasi dan laporkan di setiap kegiatan yang dilakukan. dan Bhabi­nkamtibmas juga mengontrol rekan-rekannya yang ada di lapangan,” jelasnya.

Dengan semangat gotong royong dapat meningkatkan sebagai daya tangkal dan cegah, agar polisi RT bisa menjadi pencegah setiap kejadian di masyarakat.

Sementara Wali Kota Dumai H Paisal menambahkan dengan Polisi RT sebanyak 140 personil setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat bisa diatasi.

Kami bangga Dumai saat bisa lebih kondusif dan dengan adanya Tol Pekanbaru-Dumai akan memberikan peluang bagi masyarakat karena membangkitkan perekonomian.

Ia berharap ini menjadi peluang kedepan. Dengan sinergi TNI Polri dan hubungan baik dengan 17 suku menciptakan Dumai lebih kondusif.

Polisi RT juga diminta mengawasi setiap pekerjaan pemerintah sehingga kontraktor tak bisa main main. Sehingga menghasilkan pekerjaan berkualitas. ***(ant)