Daya Tampung PPDB SMP Negeri Dumai 3.981 Tingkat SD 6.588

RRINEWSS.COM- DUMAI — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dimulai tanggal 9 s/d 15 Juni 2024 yakni pra pendaftaran/infut dan upload dokumen, selanjutnya pendaftaran/pemilihan sekolah mulai tanggal 16 s/d 20 Juni 2024 serta pengumuman tanggal 27 Juni 2024.

Calon wali murid bisa mendaftarkan anaknya melalui website http://ppdb.dumaikota.go.id

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai Hj Yusmanidar menjelaskan PPDB online untuk SMPN 1 Dumai, SMPN 2 Dumai, SMPN 3 Dumai, SMPN 4 Dumai, SMP Binsus dan SMPN 14 Dumai.

Wali murid bisa mendaftarkan anaknya melalui link ppdbpekanbaru.id. melalui link itu, wali murid diminta dapat mengunggah syarat-syarat pendaftaran.

Untuk link pendaftaran itu lanjut Yuzmanidar pihaknya sudah menyampaikan kepada masyarakat melalui sekolah dan masyarakat.

Kabid SMP Disdik dan Kebudayaan Kota Dumai Faisal menjelaskan untuk daya tampung sekolah tingkat SMPN sebanyak 3.981 anak didik terdiri dari 24 sekolah negeri atau 128 kelas. Sedangkan jumlah usulan daya tampung jalur peserta didik yang diterima jalur zonasi sebesar 50 persen atau 1.938, jalur afirmasi 15 persen atau 599, jalur perpindahan orang tua sebesar 5 persen atau 201 anak didik dan jalur prestasi 30 persen 1.243 anak didik.

Lain itu, untuk daya tampung SMP swasta sebanyak 18 sekolah berjumlah 1.584 anak didik atau 50 kelas. Secara keseluruhan PPDB tahun 2024 antara SMP Negeri dan Swasta sebanyak 5.565 anak didik.

Kabid SD Disdik dan Kebudayaan Kota Dumai Ayang menambahkan untuk PPDB tingkat Sekolah Dasar daya tampung sebanyak 6.588 anak didik dari 90 SD negeri se Kota Dumai.

Untuk daya tampung berdasarkan jalur zonasi sebesar 70 persen atau sebanyak 4.615 anak didik dan kategori prestasi sebesar 30 persen atau 1.973 anak didik. Untuk rombongan belar yang tersedia dalam ajaran baru tahun 2024 ini sebanyak 235.

Terapkan Bahasa Melayu

Wali Kota Dumai, H Paisal memimpin Deklarasi Komitmen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025. Kegiatan tersebut ditaja oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai yang diselenggarakan di Ballroom Hotel The Zuri Dumai, Jum’at (07/06/2024).

Dalam kesempatan itu Wali Kota Dumai menegaskan bahwa proses PPDB ini harus dilakukan secara objektif, transparan dan akuntabel serta sesuai dengan aturan atau regulasi yang berlaku.

“Kami tegaskan, bahwa seluruh proses dan tahapan pelaksanaan PPDB ini harus dilakukan secara objektif, transparan, akuntabel dan berdasarkan dengan aturan atau regulasi yang berlaku”, pungkasnya.

Wali Kota Dumai menambahkan bahwa PPDB tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya. Yang mana PPDB ini akan dilaksanakan melalui beberapa jalur, yaitu zonasi, afirmasi, dan prestasi. Dengan demikian Wali Kota Dumai sangat menekankan betapa pentingnya.

Kadis Pendidikan Hj Yusmanidar dalam penerapan berbahasa Melayu diseluruh sekolah telah diterapkan sejak tiga bulan. “Dalam komunikasi antara sesama teman disekolah kita mengedepankan berbahasa Melayu,”katanya menambahkan. ***(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *