Jalan Rusak Warga Pangeran Hidayat Tanam Pisang

DUMAI RRINEWSS.COM — Kerusakan cukup parah terjadi pada ruas Jalan Pengeran Hidayat Kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota, Riau tepatnya sekitar 10 meter menuju Jalan Pangeran Diponegoro.

Kerusakan yang terbilang cukup lama tersebut belum ada upaya penimbunan oleh pemerintah kelurahan, kecamatan Dumai Kota atau Dinas PUPR kendati jalan tersebut masuk dalam kategeri prioritas dibangun pada tahun anggaran 2023 ini.

Melihat kondisi badan jalan rusak dan berlubang warga melakukan aksi menanam batang pisang setinggi sekitar 60 centimeter. Bertujuan sebagai rambu rambu dan mengingatkan pada masyarakat akan bahaya adanya jalan berlobang.

Kondisi diperparah ketika hujan turun sebab lobang sedalam 25 centimeter dengan diameter mencapai 2 meter lebih tersebut membuat masyarakat pengguna kendaraan roda dua dan empat terperosok ke dalam lobang. “Kami minta badan jalan yang rusak ini di timbun agar masyarakat nyaman berkendara terutama pada musim hujan dan malam hari,”kata Ujang warga setempat.

Ia mengetahui juga Jalan Pangeran Hidayat pada tahun ini akan dibangun, namun sebaiknya sebelum dikerjakan, badan yang rusak ini diperbaiki terlebih dahulu agar lalulintas kendaraan tidak terganggu.

Kepada Dinas PUPR Kota Dumai ketika dihubungi melalui Kabid Bina Marga Dodi Iswahyudi ST mengungkapkan Jalan Pangeran Hidayat pada tahun ini dibangun dengan anggaran mencapai Rp1 miliar lebih. Proses pelelangan sudah selesai dan pemenang telah meneken kontrak untuk segera melakukan pekerjaan.

Namun kendalanya saat ini terjadinya overload ready mix sehingga perusahaan pemenang harus menunggu untuk memulai pekerjaan jalan Pangeran Hidayat itu. Ia mengimbau pada masyarakat untuk bersabar dan memastikan dalam tahun ini jalan penghubung antara Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Pangeran Diponegoro tersebut akan diperbaiki.

Pria low profile kelahiran Dumai ini mengajak pada masyarakat untuk bersama sama membantu pemerintah dalam hal pengawasan pekerjaan jalan tersebut apabila telah dimulai. Sebab dengan adanya rasa memiliki, insyaallah kualitas jalan yang akan dibangun lebih baik.

Sementara sebagaimana data di LPSE Dumai tender Jalan Pangeran Hidayat diikuti oleh 14 perusahaan, namun dari hasil seleksi dan penawaran dimenangkan oleh CV Morin Maju Jaya beralamat di Pekanbaru dengan pagu Rp. 1.069.750.200,09.***(ant)