SMKN 3 Dumai Beri Pembekalan Magang pada 200 Siswa kelas XII

BUKIT KAPUR RRINEWSS.COMMenghadapi kegiatan magang atau Program Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa-siswi kelas XII SMK Negeri 3 Dumai di Bukit Kapur. Sebanyak 200 anak didik mendapatkan pembekalan dari pihak sekolah dan beberapa narasumber dalam menghadapi dunia kerja.

Pembekalan PKL untuk kelas XII bertempat di Aula Raja Ali Haji SMKN3 Dumai Jalan Kebun Kecamatan Bukit Kapur, Kamis (20/07). Peserta yang mengikuti pembekalan magang tersebut berasal dari kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik, Teknik Elektronika Industri, Teknik Pengelesan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Kepala SMK Negeri 3 Dumai Juzmilita SPd MIP menjelaskan kegiatan motivasi dalam rangka pembekalan, SMK Negeri 3 Dumai menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten untuk memberikan pengetahuan seputar kegiatan PKL di dunia usaha maupun industri nantinya. Di antara narasumber yang hadir memberikan materi adalah Nanang Mahmud dari Learning develov Manajemen, Motivasi Memasuki Dunia Kerja oleh Kamero Bangun dari SSL Department PT SDS Dumai, Paparan materi oleh Mikhael Pandapotan Siregar, dan Motivasi Wira usaha oleh Zulfan Ismaini Kadim Dumai.

Juzmilita melanjutkan pendidikan kejuruan diciptakan untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional, menyiapkan siswa agar mampu memilih karir, berkompetensi dan mampu mengembangkan diri, menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri pada saat ini.

Ia melanjutkan dan berterima kasih kepada tim dari Apical Dumai yang telah bersedia memberikan penyuluhan pembekalan bagi anak didik yang mengikuti magang diberbagai industri. Begitu juga pada Kadin Dumai yang telah berkoordinasi dengan Apical untuk memperkenalkan dunia kerja kepada siswa pada akhirnya para siswa siap bekerja dengan baik dan penuh tanggungjawab.

SMKN 3 Dumai yang berdiri sejak tahun 2004 sudah menjadi SMK pusat keunggulan dan telah banyak mengukir prestasi tingkat kota Dumai dan provinsi Riau dan sejak 2021 menjadi utusan Provinsi Riau dalam lomba kompetensi Riau (LKS) tingkat nasional. Salah satu bentuk pelaksanaan pendidikan di dunia usaha atau dunia industri berupa Praktek Kerja Lapangan (PKL) tau Pemagangan.

PKL sekaligus mengenalkan kepada peserta didik bagaimana kehidupan di dunia kerja dan juga sebagai tempat untuk mengetahui seberapa jauh ilmu yang diperoleh di sekolah kemudian disinkronkan dengan dunia kerja dan dunia industri.***(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *