Kapal Pengangkut Sayur, Kapal Port Express 22 Terbakar di Meranti

RRINEWSS.COM- – Kapal cepat Port Express 22 terbakar di Perairan Selat Air Hitam Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (2/9/2024) sekitar pukul 17.45 WIB.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru Budi Cahyadi mengatakan, kapal bermuatan sayur-sayuran yang dibawa dari Pelabuhan Tanjung Buton, Kabupaten Siak.

“Saat itu kapal baru selesai mengisi BBM (bahan bakar minyak) di APMS Tanjung Mayat Kecamatan Tebing Tinggi dan akan melanjutkan perjalanan ke Batam,” ujar Budi, Selasa (3/9/2024).

Sekitar perjalanan 200 meter ke tengah laut, kapal mengalami masalah mati mesin. Kapten kapal berusaha menghidupkan kembali mesin, tapi tidak berhasil.

“Pada saat di-starter terjadi percikan api yang mengakibatkan kapal terbakar, kapten dan ABK kapal melompat ke laut untuk memyelematkan diri,” jelas Budi.

Terpisah, Kepala Unit Siaga SAR Kepulauan Meranti, Prima Herrie Saputra menjelaskan, informasi kecelakaan itu didapat dari Polair Polres Kepulauan Meranti.

Mendapat informasi itu, Unit Siaga SAR langsung menurunkan personel ke lokasi kejadian dan bergabung dengan Polair, TNI AL, Damkar, Satpol PP untuk melaksanakan pemadaman dan evakuasi korban.

Kapal itu dinakhodai oleh Ismail dengan tiga orang ABK, yakni Syahril, Ruslan dan Supardi. Kendati telah berusaha menyelamatkan diri tapi Syahril terkena percikan api.

“Empat orang sudah dievakuasi. Alhamdulilah korban jiwa nihil. Satu orang mengalami luka bakar,” tutur dia.

Syahril sudah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. “ABK atas nama Syahril alami luka bakar, saat ini dirawat di RSUD Meranti,” pungkasnya.*** Ck2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *