Atlet Panjang Tebing Indonesia Dikalahkan Tiongkok

RRINEWSS.COM- JAKARTA — Atlet panjat tebing andalan Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi, telah berusaha maksimal dalam pertandingan melawan wakil Tiongkok, Deng Li Juan, di babak perempat final Olimpiade Paris 2024, meskipun akhirnya kalah dengan selisih hanya 0,006 detik.

Dalam keterangan tertulis, Desak Made mengakui keunggulan lawannya yang mencatat waktu 6,363 detik, sedangkan dirinya mencatat waktu 6,369 detik dalam nomor speed di Le Bourget Climbing Venue, Rabu (7/8/2024) malam WIB.

“Saya sudah berusaha secepat mungkin, tetapi lawan saya lebih cepat. Saya akan berjuang lagi di Los Angeles 2028,” kata atlet 23 tahun asal Bali tersebut.

Walaupun kalah secara dramatis, Desak berharap masyarakat Indonesia tetap mendukung dan mendoakan perjuangan atlet-atlet Indonesia lainnya yang masih berjuang meraih medali, khususnya tim panjat tebing Indonesia.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas dukungan dan doanya untuk tim panjat tebing Indonesia. Terus dukung kami, besok masih ada Veddriq Leonardo yang semoga bisa meraih podium tertinggi di Olimpiade,” ujarnya.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengatakan, olahraga adalah proses yang akan membuahkan hasil.

“Olimpiade adalah puncak prestasi olahraga. Kami mengapresiasi dan menghargai semua proses yang telah dilalui oleh para atlet,” ujar Okto.

Ia menegaskan bahwa jika usaha sudah maksimal namun hasilnya berbeda, itu bukanlah akhir dari segalanya.

“Tadi saya berbicara langsung dengan Presiden International Sport Climbing, Marco Scolaris. Menurutnya, Indonesia selalu menjadi negara yang diperhitungkan dalam panjat tebing, khususnya speed climbing,” tambah Okto.

Kekalahan Rajiah Sallsabillah dan Desak Made memperkecil peluang Indonesia meraih medali, karena hanya menyisakan Veddriq Leonardo di kategori putra dalam babak perempat final yang akan digelar Kamis (8/8/2024).

Sementara itu, langkah atlet putra Indonesia lainnya Rahmad Adi Mulyono terhenti lebih awal karena kalah dalam kualifikasi babak penyisihan pada Selasa (6/8/2024).***beritasatu