Nilai Investasi di Dumai Capai Sekitar Rp2 Triliun

DUMAI RRINEWSS.COMWalikota Dumai H Paisal membuka kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2024 di Balai Sri Bungatanjung, Selasa (28/03)

Musrenbang RKPD Kota Dumai 2023 mengangkat tema memperkuat instrumen pendukung yang kondusif untuk memantapkan kota Dumai sebagai kota pelabuhan dan industri yang unggul dan bertumpu pada budaya melayu (Dumai Kota Idaman) dihadiri forkopimda, kepala OPD, camat, lurah dan LPMK se Kota Dumai.

Walikota Dumai mengungkapkan Dumai yang semakin aman dan kondusif didukung kelancaran transportasi Jalan Tol Dumai-Pekanbaru menjadi daya tarik investor untuk datang ke Dumai melakukan investasi. Hingga saat ini nilai investasi yang sudah ditanamkan mencapai sekitar Rp2 triliun lebih.

Beberapa sektor sangat menentukan kedatangan para investor seperti kepelabuhan yang aman serta legalitas pertanahan. Oleh karena itu ia meminta kepada seluruh OPD untuk mempermudah pengurusan perizinan dan memberikan kenyamanan pada seluruh investor.

Wali Kota Dumai minta maksimalkan pembangunan .

Musrenbang RKPD Kota Dumai tahun 2023 ini membahas Rencana Pembangunan Pemerintah Kota Dumai di tahun yang akan datang yaitu tahun 2024 tentang Pembangunan Sektor Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Penerangan, Ekonomi, Lingkungan dan sektor lainnya.

Kepala Bappedalitbang Budhi Hasnul menyampaikan bahwa ekonomi serta tahapan pembangunan Kota Dumai di tahun 2023 sejauh ini ada peningkatan signifikan dibanding tahun sebelumnya dan diharapkan nantinya di tahun 2024 sektor pembangunan di Kota Dumai bisa menggeliat seperti yang direncanakan.

Menurut data BPS, Ekonomi Kota Dumai tumbuh sebesar 6,36% pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 sebesar 5,98%. Pendapatan Per Kapita Kota Dumai di tahun 2022 sebesar 135 Juta Rupiah dibandingkan tahun 2021 sebesar 123 Juta Rupiah. Serta beberapa penurunan pada angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Dumai.

PDRB pertumbuhan ekonomi dan PDRB perkapita target pertumbuhan ekonomi 3,71 persen-5,68 trealisasi 6,36 persen
Kebutuhan belanja pembangunan daerah pasca forum perangkat daerah Rp1,7 triliun lebih dengan tota usulan mengacu pada musrenbang sebanyak 347 serta usulan proses pokok pikiran DPRD Dumai mencapai 1.524.

Wali Kota menambahkan meminta kepada seluruh stakeholder serta masyarakat Kota Dumai untuk mengawal pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemko Dumai kedepannya. Serta beliau optimis di tahun 2024 pembangunan di Kota Dumai akan meningkat dibanding tahun tahun sebelumnya.(inf diskominfotiksan/ant)