Waktu yang Tepat Minum Kopi Biar Cepat Menurunkan Berat Badan

RRINEWSS.COM-  – Manfaat kopi tidak sekadar meningkatkan energi atau menghilangkan kantuk. Minuman populer ini sebenarnya punya beragam khasiat untuk kesehatan, salah satunya dalam mendukung penurunan berat badan.

Dikutip dari Healthline, kopi dapat meningkatkan laju metabolisme, memungkinkan tubuh membakar lebih banyak lemak. Selain itu, kafein yang terkandung dalam kopi juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan.

Lantas, apakah waktu minum kopi juga memengaruhi efektivitasnya dalam menurunkan berat badan?

Ternyata, memang ada waktu terbaik minum kopi untuk memaksimalkan efek penurunan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan pada 2017 menemukan konsumsi kafein 30 menit hingga empat jam sebelum makan dapat mengurangi asupan kalori saat makan. Hal ini dapat mempercepat penurunan berat badan dan menunjang pengelolaan berat badan yang lebih baik.

Mengonsumsi kopi pada waktu tertentu sebelum berolahraga juga bisa meningkatkan khasiatnya. Sebuah studi menunjukkan minum kopi sekitar 60 menit sebelum berolahraga dapat meningkatkan performa, pengeluaran energi, dan pembakaran lemak saat beraktivitas fisik. Hal ini memudahkan seseorang mencapai defisit kalori yang dibutuhkan untuk mendukung penurunan berat badan yang lebih besar.

Kendati demikian, jangan sekadar mengandalkan kopi untuk menurunkan berat badan. Pola makan yang kaya akan protein dan serat, serta mengurangi asupan kalori harian tetap dibutuhkan untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal. *** detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *