Gunung Marapi Sumbar Kembali Erupsi, Waspda Banjir Lahar Dingin

RRINEWSS.COM- SUMBAR — Gunung Marapi yang ada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, kembali mengalami erupsi siang ini. Warga pun diminta waspada karena banjir lahar dingin masih mengancam.

Petugas Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi, Teguh Purnomo, menjelaskan erupsi terjadi pukul 10.57 WIB. Ketinggian abu vulkanik tercatat mencapai 600 meter.

“Gunung Marapi mengalami erupsi siang ini. Letusan disertai lontaran abu vulkanik dengan ketinggian lebih dari 600 meter dari atas puncak,” kata Teguh Purnomo dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (7/6/2024).

Berdasarkan catatan pos pemantau, erupsi terekam di seismogram dengan amplitude maksimum 3 milimeter dan durasi sekitar 1 menit 12 detik.

Ia menjelaskan, abu vulkanik yang menyertai letusan terpantau mengarah ke arah barat. “Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat,” katanya.

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level III Siaga, sehingga masyarakat diminta untuk tidak mendekati dan beraktivitas 4,5 kilometer dari kawah. Masyarakat juga diminta mewaspadai aliran banjir lahar dingin yang dapat terjadi.

“Kami mengimbau masyarakat yang tinggal di sekitar lembah atau aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar,” jelas Teguh.*** (astj/dtc/astj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *