Raja Chip Rilis Robot Super Pintar, Bisa Meniru Manusia

RRINEWSS.COM- JAKARTA — Perusahaan produsen chip kecerdasan buatan (AI), Nvidia, meluncurkan platform hardware dan software untuk membangun robot serupa manusia dengan fitur AI generatif.

Platform yang disediakan oleh Nvidia termasuk sistem komputer untuk robot dan AI, ditambah software yang didukung oleh AI generatif dan perangkat lain untuk membuat robot yang “hidup” seperti manusia.

Nvidia mengumumkan platform baru ini dalam konferensi pengembang tahunan mereka di California.

Tambahan software AI generatif membuat robot manusia (humanoid) bisa bertindak sebagai respons atas bahasa, video, demonstrasi oleh manusia, hingga pengalamannya.

Nvidia menyebut platform ini sebagai Project GR00T. Komponen AI generatif akan ditambahkan ke dalam platform software dan hardware untuk robot yang saat ini disediakan oleh Nvidia.

“Robot yang lebih pintar, cepat, dan baik ini akan digunakan di industri manufaktur berat. Kami bekerja dengan ekosistem simulasi dan robot di seluruh dunia untuk mempercepat pengembangan dan adopsi,” kata Rev Lebaredian.

Komputer super yang digunakan untuk menunjang software AI generatif disebut sebagai “Jetson Thor.” Perangkat ini dibangun menggunakan chip dan hardware lain buatan Nvidia. Perusahaan mengklaim daya komputasi Jetson Thor memberikan tiap robot kemampuan untuk mengerjakan tugas yang rumit sekaligus bisa berinteraksi dengan mesin lain dan manusia.

Perangkat software gabungan diberi nama platform “Isaac.” Fitur AI generatif GR00T didesain untuk bekerja untuk “segala jenis robot di lingkungan apa saja.” Isaac membuat software yang tertanam di robot bisa belajar dan dilatih untuk mengambil keputusan lebih baik berdasarkan pengalaman, proses yang dikenal sebagai reinforcement learning.

Nvidia juga mengumumkan akan meluncurkan model robotik yang sudah dilatih sebelumnya (pre-trained) dalam waktu dekat. Robot tersebut rencananya juga dilengkapi dengan software yang membuat lengannya berfungsi lebih baik dengan kapabilitas sensor multi-kamera.***(CNBC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *