Gunung Marapi Sumbar Erupsi lagi, Lontarkan Abu Panas 1 Kilometer

RRINEWSS.COM-  PADANG — Gunung Marapi di Sumatera Barat mengalami erupsi siang ini. Letusan disertai lontaran abu vulkanik 1 Kilometer dari atas puncak.

Pos pengamat Gunung Marapi di Kota Bukittinggi mencatat, letusan terjadi pukul 11.46 WIB.

“Telah terjadi erupsi G. Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 02 Juni 2024 pukul 11:46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 1000 meter di atas puncak,” kata Kepala Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi, Ahmad Rifandi dalam keterangan yang diterima detikSumut.

Menurut Rifandi, erupsi terekam di seismogram dengan amplotudo maksimum 26,7 milimeter dengan durasi sekitar 37 detik.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 26.7 mm dan durasi 37 detik,” katanya.

Sejak sepekan terakhir, Gunung Marapi beberapa kali mengalami erupsi disertai lontaran abu vulkanik yang tinggi, bahkan mencapai 2 kilometer dari atas puncak.

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level III Siaga.

PGA Marapi mengimbau masyarakat yang beraktivitas di sekitar Gunung Marapi tidak mendekati dan beraktivitas 4,5 kilometer dari kawah.

Masyarakat yang tinggal di sekitar lembah atau aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi juga diminta selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

“Karena statusnya Siaga, kami merekomendasikan warga untuk tidak beraktivitas pada radius 4,5 kilometer, sekaligus juga perlu mewaspadai aliran sungai untuk mencegah munculnya ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi,” katanya.

Warga juga diminta untuk menggunakan masker saat beraktivitas guna menghindari gangguan pernapasan maupun gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik.

sumber :detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *