Peringati Hari Perhubungan Nasional, Apical Dumai Bersih-bersih Pantai

RRINEWSS.COM- DUMAI- Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang ke-53, Apical melalui unit bisnisnya di Dumai melaksanakan aksi bersih pantai di Dermaga D pelabuhan Pelindo Dumai dan Dermaga TERSUS Apical. Kegiatan ini berlangsung di bawah koordinasi Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai.

Mengusung tema “Transportasi Maju, Nusantara Maju,” kegiatan dimulai dengan upacara di kantor KSOP Kelas I Dumai, diikuti oleh aksi bersih pantai. Dalam sambutannya, Kepala KSOP Dumai Kapten Diaz Saputra, Dipl TSI., M.B.A., mengungkapkan apresiasi kepada Forkopimda dan semua pihak yang berpartisipasi.

“Menjaga kebersihan pantai adalah tanggung jawab bersama, yang memerlukan kesadaran dari semua elemen masyarakat. Pemerintah berperan dalam memberikan dukungan, namun kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya adalah hal yang paling penting,” ujar Diaz.

Dia juga menyoroti masalah pencemaran pantai yang diakibatkan oleh limbah plastik yang berbahaya bagi kehidupan laut. “Kegiatan bersih pantai yang dilakukan secara berkelanjutan adalah langkah penting dalam melawan ancaman terhadap lingkungan maritim,” tambahnya.

Aksi bersih pantai ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan laut dan pantai, serta mendorong partisipasi aktif dalam pengendalian pencemaran.

Asisten II Syahrinaldi memberikan apresiasi atas inisiatif KSOP Dumai. “Pemko Dumai sangat mendukung kegiatan yang baik ini untuk menjaga kebersihan di sekitar pantai, dan kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut,” tuturnya.

Apical Dumai juga mendokumentasikan kegiatan bersih pantai dalam bentuk video yang dikirim kepada KSOP sebagai bukti partisipasi mereka. Kamero Bangun, perwakilan manajemen Apical Dumai, menyatakan, “Aksi bersih pantai ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab kita terhadap lingkungan, terutama di wilayah perairan yang mendukung kemajuan maritim Indonesia. Ini sejalan dengan langkah pemerintah dan perusahaan untuk menjadikan Apical Dumai sebagai pelabuhan ramah lingkungan (eco port).”

Karyawan dan manajemen Apical turut berpartisipasi dengan semangat dalam kegiatan bersih-bersih di sekitar TERSUS Apical, mendukung program pemerintah menuju dermaga yang ramah lingkungan. Sebelumnya, Apical Dumai juga telah melaksanakan penanaman mangrove di Jetty TERSUS sebagai komitmen terhadap perlindungan ekosistem pesisir. Kapten Diaz menutup dengan mengucapkan terima kasih kepada Apical Dumai atas kontribusi aktifnya dalam kesuksesan acara ini.(ant)