Destinasi Wisata Pulau Rempang Terancam Proyek Rempang Eco City

RRINEWSS.COMProyek Rempang Eco City yang menjadi proyek strategis nasional disebut bakal mengancam tujuh destinasi wisata Pulau Rempang. Lantas aa saja destinasi tersebut?

Pesona Keindahan Pulau Rempang sebagai destinasi wisata terkenal di wilayah Kepulauan Riau, kini berada dalam ancaman yang amat serius. Pasalnya, Proyek Rempang Eco City yang menjadi proyek strategis nasional setidaknya disebut bakal mengancam tujuh destinasi wisata Pulau Rempang.

Diketahui, proyek dengan luas 17.000 hektar tersebut akan segera dikelola oleh PT Makmur Elok Graha, anak perusahaan dari pengusaha sukses Tomy Winata (TW). Bahkan beberapa waktu lalu, sempat terjadi bentrokan antarwarga yang menolak digusur untuk pembangunan proyek Rempang Eco City dengan aparat gabungan TNI-Polri.

Akibat banyaknya pemberitaan tentang Pulau Rempang yang terjadi akhir-akhir ini, tak sedikit warganet yang penasaran dengan pulau ini. Melansir dari situs resmi Pemerintah Kota Batam, ternyata Pulau Rempang masuk dalam wilayah administrasi Kota Batam, Kepulauan Riau.

Pulau yang memiliki uasnya sekitar 165 kilometer persegi ini, memiliki 16 perkampungan tua dan pemukiman warga asli. Masyarakat yang tinggal di sini berasal dari beberapa suku, antara lain yaitu Suku Melayu, Suku Orang Laut, dan juga Suku Orang Darat.

Selain itu, Pulau Rempang juga menyimpan berbagai potensi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah. Penasaran ada apa saja destinasi wisata Pulau Rempang?

Destinasi Wisata Pulau Rempang

Simak ulasan selengkapnya mengenai tujuh wisata Pulau Rempang di bawah ini, yuk!

1. Pantai Melayu

Destinasi wisata Pulau Rempang yang pertama adalah pantai Melayu. Pantai dengan pesona pasir putih dan air laut jernihnya ini, menjadi daya tarik utama di Pulau Rempang. Selain pesonanya, pantai Melayu juga menawarkan berbagai aktivitas seru seperti berenang, snorkeling, dan juga memancing.

Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, pantai ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Akan tetapi jika proyek Rempang Eco City terealisasi, eksistensi Pantai Melayu pun dapat terancam.

2. Pulau Abang

Pulau Abang menjadi salah satu destinasi Pulau Rempang yang sangat populer di kalangan wisatawan, terutama dari para scubadiver. Di bagian bawah airnya ada terumbu karang yang bewarna-warni dan terlihat sangat cantik, salah satunya jenis blue coral.

Selain aktivitas menyelam, ada pula aktivitas air yang dapat dilakukan pengunjung di pulau ini. Mulai dari berenang, snorkeling, mancing, sampai pengalaman naik perahu keliling pantai. Yang lebih menariknya, Ombak di pantai ini tidak terlalu besar dengan air yang sangat jernih.

3. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam adalah saksi sejarah konflik Vietnam yang kini menjadi objek wisata yang memikat.

Dengan perahu-perahu pengungsi Vietnam yang dipertahankan dengan baik, destinasi ini menyimpan kenangan bersejarah yang kini dapat menghilang akibat proyek besar-besaran di Pulau Rempang.

4. Pantai Mirota

Destinasi wisata Pulau Rempang selanjutnya yaitu Pantai Mirota. Tempat wisata ini juga dikenal sebagai “surganya pasir putih” di Batam, berada di Pulau Galang dan menawarkan keindahan alamnya yang sangat menakjubkan.

Wisatawan bisa merasakan sensasi berwisata dan berkuliner di sini. Namun dengan danya proyek Rempang Eco City bisa mengancam keberlanjutan keindahan di Pantai Mirota.

5. Pantai Elyora

Destinasi di Pulau Rempang satu ini memang paling cocok jadi tempat liburan bersama dengan keluarga atau sahabat. Kawasan pantai Elyora memang cukup luas dengan sensasi pasir putih yang begitu lembut. Wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga pantai, seperti voli pantai dan juga sepak bola pantai.

Tak hanya itu, banyak pula aktivitas yang dapat di lakukan dalam air. Di antaranya seperti berendam, berenang, naik banana boat, atau naik perahu. Jangan lupa untuk berfoto di beberapa spot yang Instagramable, ya!

6. Pantai VioVio

Ingin menikmati suasana pantai berpadu dengan senja yang sangat memesona? Jangan lupa berkunjung ke Pantai Viovio. Keindahan pantai ini pasti bisa memanjakan siapa saja yang berkunjung ke sana dengan dilengkapai fasilitas pendukung.

Pengunjung bisa bersantai di gazebo-gazebo, berenang, bermain pasir,nnaik ayunan, snorkeling, hingga berfoto di beberapa spot Instagramable.

7. Pantai Melur

Destinasi wisata Pulau Rempang yang terakhir ada, Pantai Melur yang terletak di Pulau Galang menyuguhkan pemandangan yang sangat mempesona dan suasana yang tenang. Tempat ini kerap menjadi tujuan wisatawan dari Batam atau sekitarnya untuk melepas penat di akhir pekan.

Tak perlu khawatir kelaparan, di pantai ini banyak tersedia kios dan kedai yang menjual berbagau hidangan laut dan masakan Melayum Fasilitas di pantai pun terbilang cukup lengkap. Ada toilet, mushola, kamar mandi, ruang ganti, gazebo dan tempat parkir kendaraan yang luas.***suara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *