Seekor Gajah Berkeliaran di Jalanan Umum di Duri

DURI RRINEWSS.COMSeekor gajah liar berjenis kelamin jantan (Elephas Maximus Sumatrae) sudah sepekan ini keluyuran di jalan dekat pemukiman dan lingkungan rumah warga Duri Provinsi Riau.

Kendati gajah Codet keluyuran di jalanan pemukiman warga, namun tidak ada rumah dan tanaman kebun warga yang dirusak.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau, Ujang Holisudin pada Sabtu (11/11/23) akhir pekan lalu. Karena berdasarkan pengamatan melalui alat GPS Collar, tambah Ujang, gajah codet akan melintas tiap sekali dalam 4 bulan di kawasan tersebut, karena memang jalur perlintasan gajah.

“Terkait gajah liar yang keluyuran di sekitar pemukiman warga, dapat kami jelaskan bahwa ini adalah gajah liar yang diberi nama codet. Gajah ini memang gajah jantan dan keberadaannya di Balai Raja merupakan bagian dari pada gajah liar di habitatnya yaitu di Suaka Margasatwa (SM) Balairaja dan sekitarnya,” terang Ujang.

Maka dari itu, tambahnya,warga dihimbau untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu hewan dilindungi tersebut.

Menurutnya, keberadaan gajah codet ini sudah beberapa kali. Tidak hanya saat ini saja dia lewat di jalanan di pemukiman warga, gajah tersebut secara perempat bulan sekali melakukan penyeberangan menuju kantong gajah Giam Kecamatan Siak Kecil.

“Kita bisa saksikan bahwa gajah ini hanya sebatas lewat, tidak ada sedikitpun dia melakukan perusakan bahkan gajah ini sering berinteraksi dengan warga di sana. Dia sangat santai dan tidak ada yang dirusak, dari hasil pendataan dan monitoring teman-teman BBKSDA Riau dan ISM RJF di kebun pun tidak banyak yang dia rusak,” pungkas Ujang.*(H-we/riauterkini)